Sambutan Dekan FALTL

Sambutan Dekan FALTL

Dr. Melati Ferianita Fachrul, MS

Dekan FALTL

Salam Sejahtera,

Fenomena terjadinya perubahan iklim/ suhu di seluruh permukaan bumi yang juga sering disebut pemanasan global atau Global warming bukan lagi sekedar isu, melainkan kenyataan menakutkan yang sudah ada di hadapan kita semua sebagai penghuni planet hijau bumi. Menghadapinya secara bersama adalah kewajiban kita semua, baik pemerintahan Negara, lembaga swadaya masyarakat, perusahaan industri manufaktur, industri kehutanan & pertambangan, para peneliti dan professional, perguruan tinggi serta segenap individu masyarakat luas.

Universitas Trisakti sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia sudah lebih dari 30 tahun concern akan masalah ini. Kepedulian ini disebabkan tebalnya rasa tanggung jawab institusi perguruan tinggi terhadap peningkatan kualitas hidup dan peradaban (Visi Usakti) bagi kesejahteraan umat manusia dan kelestarian lingkungan hidup (Visi FALTL). Wujud kepedulian Universitas Trisakti terhadap pentingnya mempersiapkan para professional dan tenaga terdidik yang kompeten dalam menganalisis, mencegah dan memecahkan permasalahan lingkungan adalah dengan mendirikan dan mengembangkan Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan (FALTL).

Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan yang memiliki tiga jurusan atau program studi, yakni Jurusan Arsitektur Lansekap (1970), Jurusan Teknik Lingkungan (1986) serta Jurusan Planologi (1996), merupakan satu-satunya fakultas di lingkungan Universitas Trisakti yang memiliki peran ganda. Disamping berperan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKSEN) dalam rangka menunjang dinamika pembangunan, juga sekaligus mengembangkan ipteksen dalam rangka mencegah serta mengurangi dampak pembangunan yang cenderung menurunkan kualitas lingkungan dan memicu terjadinya bencana lingkungan.

Dalam perannya sebagai pusat kajian dan pengembangan ipteksen yang menunjang dinamika pembangunan, FALTL melalui ketiga jurusan atau program studi yang ada secara konsisten melakukan inovasi kurikulum yang sigap untuk selalu mampu mengikuti perkembangan IPTEKSEN global yang berkembang sedemikian pesat dan semakin sophisticate. Kompetensi sarjana lulusan setiap jurusan dan program studi yang ada selalu diorientasikan pada kemampuan menjawab kebutuhan aktual kekinian dan daya adaptasinya terhadap proses percepatan perkembangan pembangunan di masa depan.

Adapun perannya sebagai pusat kajian dan pengembangan ipteksen yang mencegah dan mengurangi dampak negative pembangunan, FALTL melalui ketiga jurusan atau program studi yang ada secara peka melakukan re-inovasi kurikulum yang tanggap atas kecenderungan terjadinya penurunan kualitas lingkungan dan potensi bencana lingkungan sebagai dampak langsung maupun tak langsung dari pembangunan. Kompetensi sarjana lulusan setiap jurusan dan program studi yang ada juga selalu diasah dan disiapkan sisi kepekaan dan kepeduliannya terhadap berbagai kemungkinan terjadinya dampak negatif pembangunan, baik dampak pada skala local, regional maupun global.

Jurusan atau program studi Arsitektur Lansekap dirancang untuk melahirkan sarjana teknik yang berkompeten menata ruang-ruang terbuka perkotaan yang memiliki nilai sosial, kultural, ekonomis dan estetis tinggi; Berkompeten menata dan melestarikan kawasan-kawasan berpotensi alami, kebudayaan dan kepariwisataan yang memiliki nilai jual lokal, nasional maupun internasional; Berkompeten menata secara lestari asset global berupa potensi-potensi lingkungan alami seperti gunung, hutan, sungai, danau, rawa dan juga pesisir serta kepulauan; Juga berkompeten melakukan rehabilitasi & revitalisasi kawasan-kawasan yang secara alami kurang berpotensi atau rusak akibat eksplorasi maupun eksploitasi seperti kawasan lahan kering, lahan gambut ataupun kawasan pertambangan.

Jurusan atau program studi Teknik Lingkungan dirancang untuk melahirkan sarjana teknik yang berkompeten merencanakan dan mengelola system penyediaan air dan limbah perkotaan baik cair maupun padat; Berkompeten mengelola kualitas lingkungan perkotaan, lingkungan pedesaan maupun lingkungan alami; Berkompeten menganalisa, dan menemukan solusi terhadap kemungkinan terjadinya dampak lingkungan akibat pembangunan; Berkompeten mendeteksi dan mengembangkan inovasi untuk mengatasi terjadinya pencemaran kimia ataupun biologis terhadap kualitas tanah, air dan udara akibat kegiatan industri, pertambangan maupun pola hidup masyarakat; Juga berkompeten mengella kesehatan lingkungan dan kesehatan kerja.

Jurusan atau program studi Teknik Planologi dirancang untuk melahirkan sarjana teknik yang berkompeten untuk mengembangkan potensi social, budaya dan ekonomi Wilayah dan Perkotaan; Berkompeten mengembangkan Rencana Kebijakan dan Rencana Fisik Wilayah dan Perkotaan; Berkompeten mengembangkan Rencana Umum Tata Ruang Wilayah dan Perkotaan; Berkompeten mengembangkan Rencana Detail Kawasan Wilayah dan Perkotaan; Dan berkompeten mengembangkan Rencana Tata Guna Lahan, Rencana Tata Letak serta Rencana Tapak.

Dengan kompetensi-kompetensi yang sedemikian luas, beragam dan juga spesifik, sesungguhnya lulusan program studi yang ada memiliki prospek akan lapangan kerja, karir dan profesi yang juga sedemikian luas, beragam dan berkualifikasi spesifik. Karenanya, apabila ada kepedulian para pembaca akan tetap lestarinya alam lingkungan dan Bumi kita ditengah derap dinamika pembangunan yang juga kita butuhkan demi kesejahteraan bersama, kami mengundang putera-puteri, sanak-saudara, serta handai taulan untuk mencapai cita-citanya melalui program studi yang tersedia pada fakultas kami.

Semoga Tuhan, Selalu Melimpahkan Rahmat dan Perlindungan Bagi Kita Semua, Amin